Aplikasi Kasir Berbasis Web

 


Aplikasi kasir adalah sebuah aplikasi yang sering digunakan di toko atau minimarket, aplikasi ini berfungsi untuk mengelola barang atau produk yang dijual serta melakukan transaksi penjualan pada produk-produk tersebut. Aplikasi kasir saat ini banyak berkembang seiring dengan perkembangan teknologi yang dulunya aplikasi hanya berbasis desktop kini sudah beralih menggunakan basis web dan android (mobile).


Pada kesempatan ini saya ingin meriview sebuah aplikasi kasir berbasis web sederhana menggunakan PHP dan mysql yang dapat dijalankan secara online maupun offline. Aplikasi ini sangat membantu untuk mengelola data produk, pelanggan, supplier, dan transaksi penjualan. Selain itu aplikasi juga dapat menampilkan laporan penjualan berdasarkan periode tertentu.


Aplikasi kasir berbasis web ini mempunyai 3 hak akses yang berbeda yaitu admin sebagai pengelola utama aplikasi yang berhubungan dengan sistem CRUD (create, update, delete) dan kasir yang mempunyai tanggungjawab untuk menginput data penjualan serta manajer yang menerima laporan penjualan.


Aplikasi dibuat dengan menggunakan PHP versi 7 dan database mysql dengan teknologi ajax yang mmbuat aplikasi menjadi lebih responsif karena setiap ada permintaan (request) atau mengirim data/informasi semunya dapat dilakukan dari belakang layar sehingga browser tidak perlu melakukan reload halaman ketika proses tersebut terjadi.


Aplikasi ini sangat cocok untuk mahasiswa yang sedang belajar pemrograman web dengan studi kasus aplikais penjualan. Dengan teknik pengembangan yang rapi dan terstruktur membuat pengembang dapat melakukan modifikasi sesuai kebutuhan.