Sunday, June 30, 2019

Definisi Air: Menurut Ahli, Kualitas dan Manfaat Air

air
Definisi Air: Menurut Ahli, Kualitas dan Manfaat Air - Air merupakan satu-satunya zat yang secara alami terdapat dipermukaan bumi, air dapat berwujud padatan (es), cairan (air) dan gas (uap air), sidat dari air yaitu tidak berwarna, tidak berasa dan tidak berbau apabila dalam kondisi standar. Pada prinsipnya, jumlah air dialam ini tetap dan mengikuti suatu aliran yang disebut "Cylus Hydrologie". Laut adalah penampung air terbesar dibumi, sinar matahari yang dipancarkan ke bumi memanaskan suhu air permukaan laut, danau atau yang terikat pada permukaan tanah, kenaikan suhu memacu air mengalami perubahan dari cair menjadi gas yang disebut proses evaporasi (evaporation). sedangkan air terperangkap dipermukaaan tanaman juga mengalami perubahan wujud menjadi gas yang disebut sebagai proses transpirasi (transpiration), air yang menguap naik ke atmosfer membentuk uap air setelah melalui proses evaporasi dan transpirasi, selanjutnya uap diatmosfer menjadi dingin dan terkondensasi membentuk awan (clous). awan terbawa oleh angin mengelilingi bumi sehingga awan terdistribusi keseluruh penjuru dunia, ketika awan sudah tidak mampu lagi menampung air, maka awan akan menyebabkan titik-titik air yang jatuh ke bumi sebagai hujan (Indarto,2010:5).

Definisi Air menurut Ahli


1.Sitanaya Arsyad

Definisi air merupakan senyawa gabungan antara dua atom nitrogen dan satu atom oksigen menjadi unsur senyawa H20.

2. Bambang Agus Murtidjo

Air merupakan substansi yang mempunyai keistimewaan sebagai penghantar panas yang sangat baik, sehingga air di dalam tubuh lebih penting dari makanan.

Kualitas Air

Kualitas air adalah karakteristik mutu yang dibutuhkan untuk pemanfaatan tertentu dari sumber-sumber air. Dengan adanya standar kualitas air, orang dapat mengukur kualitas air dari berbagai macam air. Setiap jenis air dapat diukur konsentrasi kandungan unsur yang tercantum didalam standar kualitas sehingga dapat diketahui syarat kualitasnya yang dapat digunakan sebagai tolak ukur. Standar kualitas air bersih dapat berarti sebagai ketentuan ketentuan berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan RI No.416/MEN/KES/PER/IX/1990 yang dituangkan dalam bentuk angka atau pernyataan yang menunjukkan persyaratan yang harus dipenuhi agar air tersebut tidak menimbulkan gangguan kesehatan, penyakit, gangguan teknis, serta gangguan dalam segi estetika. Peraturan ini dibuat dengan maksud air minum yang memenuhi syarat kesehatan mempunyai peranan penting dalam rangka pemeliharaan, perlindungan, serta mempertinggi derajat kesehatan masyarakat. Dengan peraturan ini telah memperoleh landasan hukuman landasan teknis dalam pengawasan kualitas air bersih. Dengan demikian, air yang digunakan sebagai kebutuhan air bersih sehari-hari sebaiknya tidak berwarna, tidak berasa, tidak berbau, jernih, dan mempunyai suhu yang sesuai dengan standar yang ditetapkan sehingga menimbukan rasa nyaman.

Manfaat Air  bagi kehidupan manusia

Semua makhluk hidup memerlukan air, karena air merupakan kebutuhan dasar bagi kehidupan. Bagi manusia, air adalah kebutuhan yang sangat mutlak karena zat pembentuk tubuh manusia sebagian besar terdiri dari air berjumlah sekitar 73 % dari bagian tubuh tanpa jaringan lemak. Kegunaan air bagi tubuh manusia antara lain untuk proses pencernaan, metabolisme, mengangkat zat-zat makanan dalam tubuh, mengatur keseimbangan suhu tubuh dan menjaga tubuh jangan sampai kekeringan (Harini, 2007). Air yang dibutuhkan oleh manusia untuk hidup sehat harus memenuhi syarat kualitas dan secara kuantitas (jumlahnya) juga terpenuhi. Diperkirakan untuk kegiatan rumah tangga yang sederhana paling tidak membutuhkan air sebanyak 100L/orang/hari. Jumlah air untuk keperluan rumah tangga perhari perkapita tidak sama untuk tiap negara. Pada negara maju umumnya dapat dikatakan jumlah pemakaian air per hari per kapita lebih besar dari pada negara berkembang karena faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan air sangat bervariasi sehingga rata-rata pemakaian air per kapita per hari berbeda.