Definisi Public Relations

Institute of Public Relations, UK
Definisi Public Relations - Public Relations adalah upaya yang sengaja, direncanakan, dan dilakukan terus menerus untuk membangun dan menjaga adanya saling pengertian antar organisasi dengan publiknya

Denny Griswold, uitgever van Public Relations News, NY
Public Relations adalah
  • Fungsi manajemen yang mengevaluasi perilaku publik,
  • mengidentifikasi kebijakan dan prosedur organisasi dengan interes publik
  • dan melaksanakan program tindakan (komunikasi) untuk mendapatkan pemahaman dan pengertian publik
 EL Berneys, USA, 1956
PR merupakan upaya dengan menggunakan informasi persuasi dan penyesuaian untuk menghidupkan dukungan publik atas suatu kegiatan, atau suatu sebab


Mexican Statement in Public Relations Practice, Mexico City, 1978

Public Relations adalah
  • seni dan ilmu sosial untuk menganalisis kecenderungan,
  • memprediksikan konsekuensi-konsekuensi,
  • menasihati para pimpinan organisasi, 
  • dan melaksanakan program yang direncanakan dari tindakan-tindakan yang akan melayani baik organisasi maupun interes publiknya
Definisi Public Relations
International Public Relations Association (IPRA)
PR (Public Relations) merupakan

  • fungsi manajemen yang khas yang mendukung pembinaan dan pemeliharaan jalur bersama antara organisasi dengan publiknya mengenai komunikasi, pengertian, penerimaan dan kerjasama, melibatkan manajemen dalam permasalahan dan persoalan
  • Membantu manajemen memberikan penerangan dan tanggapan dalam hubungan dengan opini publik
  • Menetapkan dan menekankan tanggung jawab manajemen dalam mengikuti dan memanfaatkan perubahan secara efektif, bertindak sebagai sistem peringatan dini dalam membantu mendahului kecenderungan
  • Menggunakan penelitian serta teknik komunikasi yang sehat dan etis sebagai sarana utama


Artinya?
  • Fungsi manajemen, menegaskan bahwa komunikasi dalam kegiatan PR sangat penting.
  • Komunikasi, dua arah dari organisasi ke publik dan sebaliknya.
  • PR berfungsi memantapkan kepemimpinan manajer dan mengefektifkan serta mengefisienkan upaya pencapaian tujuan organisasi menjadi kenyataan
  • Hubungan dengan berbagai publik sangat penting untuk selalu dipelihara, sehingga ada pengertian bersama hubungan harmonis antar organisasi dan publik
Catatan: public dalam PR
Kelompok atau publik yang terkait dalam pelaksanaan fungsi PR
Ada dua macam Public :
  1. Internal PR: adalah seluruh jajaran personel dalam organisasi : Top Manajemen sampai lapisan terbawah
  2. Eksternal PR: pribadi atau kelompok publik yang terkait dalam kegiatan PR
C dalam PR
  • Credibility (kredibilitas)
  • Context (konteks)
  • Content (Isi)
  • Clearify (kejelasan)
  • Continuety (kesinambungan)
  • Concistency (konsistensi)
PR, Marketing, Promosi
  • PR bukan bagian Marketing. PR memberikan layanan kepada bagian marketing, memberikan jasanya kepada organisasi
  • Promosi merupakan pelayanan khusus (dg fungsi dan falsafah PR), langsung dan tidak dalam membantu Marketing-nya secara preventif atau pun kreatif, demi kepentingan dan keuntungan semua pihak
Kronologi
  • Abad ke-19: PR di AS dan Eropa merupakan program studi mandiri, berdasar pada perkembangan IPTEK
  • 1865-1945: public dianggap bodoh diberi informasi dididik dihargai
    1925: NY, PR sebagai Pendidikan Tinggi- resmi
  • 1928: Belanda, memasuki Pendidikan Tinggi, di fakultas, minimal sebagai mata kuliah wajib, ada kursus-kursus bermutu
  •  1945-1968 : publik mulai terbuka dan banyak mengetahui
  • 1968 : di Belanda berkembang ke arah ilmiah; NY berkebang ke arah bisnis
  • 1968-1979: Public dikembangkan ke berbagai bidang
  • 1979-1990: profesional/Internasional memasuk globalisasi (mental dan kualitas)


1990 – sekarang:
  1. Perubahan mental, kualitas, pola pikir, pola pandang, sikap, dan pola perilaku secara nasional/internasional
  2. Membangun kerjasama secara lokal, nasional, internasional
  3. Saling belajar di bidang IPOLEKSOSBUD sesuai kebutuhan era global/informasi
Pahlawan PR
Mereka mengubah PR dari sebuah KoNSEP menjadi PROFESI
Ivy Ledbetter Lee (The Father of Public Relations)
Gagasan pembaharuan Lee dikenal :Declaration of Principle, intinya: publik tidak boleh dibaiakan oleh manajemen, publik tidak boleh dianggap bodoh oleh pers