Definisi Email

Definisi Email - Email adalah kependekan dari electronic mail. Jadi singkatan email berasal dari bahasa inggris yang artinya “surat elektronik” tersebut. Terkadang, dalam bahasa indonesia, kita mungkin menemukan ada orang yang menggunakan singkatan yang serupa, yakni ‘surel’. Barangkali singkatan surel ini digunakan untuk menandingi singkatan email. Hanya saja, secara pribadi, saya lebih menyukai penyebutan email daripada surel. Email sendiri merupakan salah satu fasilitas internet yang penggunaanya cukup luas. Entah itu untuk berikirim pesan, atau untuk aktivasi akun tertentu. Kita tentu ingat bagaimana twitter dan facebook menggunakan email sebagai salah satu cara untuk mendaftar di akun mereka. Barangkali, hal ini disebabkan email merupakan alat komunikasi yang murah dan cepat. kelebihan email lainnya yang kita rasakan adalah kita dapat mengirimkan pesan dalam bentuk surat ke seluruh dunia dalam waktu yang sangat cepat dan dengan biaya yang murah. Email yang dikirimkan akan sampai di alamat yang dituju sesaat setelah email tersebut dikirimkan. Barangkali hanya beberapa menit dari email tersebut dikirimkan.

Definisi EmailTentu perbandingan email dengan surat biasa ini begitu kontras, karena jika mengirim menggunakan surat biasa, barangkali kita butuh beberapa hari sampai email tersebut diterima. meskipun perbedaan email dengan surat biasa ada banyak, namun sebagian konsep email sama dengan pengiriman surat melalui pos. Masing-masing orang mempunyai kotak pos sendiri dengan alamat tersendiri. Kita tinggal mengirimkan surat ke kontak pos tertentu dengan alamat tertentu pula. Kemudian si penerima akan membuka kotak posnya dan menemukan surat yang kita kirim. Demikian juga dengan email, masing-masing orang mempunyai alamat email sendiri-sendiri. Jika kita ingin mengirimkan email, kita tinggal mengirimkan ke alamat email orang tersebut. Hanya saja, kita perlu berhati-hati, karena salah satu huruf atau garis bawah atau angka dalam alamat email yang kita tuliskan, hampir bisa dipastikan bahwa email tersebut tidak akan sampai ke orang yang kita tuju.

Definisi Email menurut para ahli:

 

1. Ali Zaki & Smitdev Community
Email adalah surat elektronik, yang memungkinkan semua orang saling berkirim pesan via jaringan internet.

2. Happy Chandraleka
Email merupakan surat yang disampaikan melalui perangkat elektronik yang dinamakan komputer.

3. Jasmadi & E-Media Solusindo
Email adalah singkatan dari electronic mail. Singkatnya, e-mail merupakan metode berkirim pesan secara elektronik via internet.

4. Tyas Vanneza
Email adalah layanan yang dapat digunakan untuk mengirim pesan instan yang dilakukan secara elektronik.

5. Darma, Jarot S, Shenia A
Email merupakan singkatan dari electronic mail, memiliki prinsip kurang lebih sama seperti saat kita berkirim surat, hanya saja via internet, bukan lewat pos.

6. Erima Oneta & Yosep. S
Email adalah salah satu fasilitas di internet yang begitu populer dan merupakan fasilitas yang paling awal dikembangkan di internet. Dengan e-mail, kita dapat menyusun, mengirimkan, membaca, membalas, dan mengelola pesan secara elektronis dengan mudah, cepat, tepat, dan aman.

7. Indra Kertarajasa Furqon
Email merupakan singkatan dari electronic mail yang dalam bahasa Indonesia adalah surat elektronik. Sesuai dengan namanya, email digunakan untuk melakukan kegiatan surat - menyurat melalui jaringan internet.